Rabu, 14 November 2012

Analisis Situs




Kelebihan:
1.      Mudah digunakan. Aplikasi yang berbasi elektronik dan tampilan muka yang ramah bagi pengguna membuat wikipedia mudah untuk digunakan.
2.      Mutakhir. Isi entri dari Wikipedia sangat mutakhir karena perkembangan terbaru di dunia ini dapat dengan cepat ditulis dan dimasukan ke dalam pangkalan data Wikipedia. Hal ini berbeda dengan ensiklopedi konvensional yang membutuhkan waktu sangat lama untuk memasukkan entri baru.
3.    Kesalahan cepat diperbaiki. Karena bersifat bebas dan terbuka, jika pengguna menemukan kesalahan atau kekurangakuratan informasi yang terdapat pada sebauh entri di wikipedia, pengguna terbut dapat memperbaikinya secepat mungkin. Hal ini berbeda dengan ensiklopedi konvensional yang membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan perbaikan, karena perbaikan entri baru dapat dilakukan ketika cetak ulang. Akan tetapi, banyak pihak yang menuduh hal ini sebagai kekurangan dari wikipedia, yaitu cepat berubah.Bagi pengguna di Indonesia, situs ini berbahasa Indonesia, jadi lebih mudah digunakan oleh pengguna Indonesia.

Kekurangan:
1.  Kepengarangan yang tidak dikenal. http://anak-terdampar dijakarta. webnode.com/news/berbagai-manfaat-dan-kekuranganyoutube/Kepengarangan sangat menentukan sebuah informasi, karena anda pasti akan memilih tulisan yang ditulis oleh orang yang benar-benar ahlinya. Sedangkan wikipedia tidak memberikan keterangan penulis.
Berbahasa Inggris, untuk pengguna di Indonesia lebih baik menggunakan Wikipedia Indonesia
B.    http://ipl.org

kelebihannya
1.      memiliki perpustakan buku yang bisa didapatkan secara gratis
2.      tersedia juga buku yang tersebar di dunia yang bisa dibaca secara online
kekurangan
1.      namun tampilannya kurang menarik dan membosankan.

C.       http://ipl.org/div/kidspace/ 
kelebihan
1.      berisi banyak pengetahuan yang bermanfaat bagi anak mulai dari tekhnologi, sejarah, seni, ilmu alam, ilmu social, dll.
Kekurangan
1.      namun tampilannya kurang menarik dan membosankan.

kelebihan
1.      materi cukup lengkap
Kekurangan
1.      tapi tampilannya kurang menarik dan pada homepage nya terlalu banyak pilihan, lebih baik di kelompokkan agar terlihat rapi.

E.       http://www.oke.or.id/

kelebihan
1.      materi tentang pelajaran dan tekhnologinya cukup lengkap, sehingga siswa dapat mencari materi tambahan disini.
2.      Bisa d buka dan di bawa dimana saja.
3.      Hemat biaya. Bagi masyarakat atau orang tua golongan bawah, tentu hal ini sangat membantu untuk meringankan  beban mereka dalam hal membiayai pendidikan anak.
4.      Buku bse memang pantas dinilai sebagai terobosan baru yang mempunyai banyak nilai positif dari nilai negatinya di bidang pendidikan. Sebab  selain tidak memerlukan biaya yang mahal, para murid juga bisa makin akrab dengan teknologi terbaru saat ini atauinternet, sehingga para murid tidak ketinggalan jika dibandingkan dengan muroid-murid dari negara lain.
5.      buku bse juga dapat meringankan kesenjangan ilmu antara orang golangan  kaya dengan orang golongan miskin. Masa depan pendidikan Indonesia juga makin cerah.
6.      Selain untuk proses belajar, bagi sebagian masyarakat buku bse ini juga mereka jadikan koleksi. Mereka memang sudah tidak sekolah lagi karena sudah lulus. Tetapi mereka tetap mendownload dan menyimpan ke bank data mereka.
7.      Selain untuk koleksi tujuan yang lain adalah untuk perbandingan tentang perbedaan bahan pelajaran untuk anak sekolah masa kini dan masa lalu. Terutama bagi para mahasiswaatau pihak akademis lain yang sedang melakukan penelitian maupun riset di bidang pendidikan.
8.      Alasan lainnya adalah, desain dan bentuk dari buku bse ini sangat unik, sehingga sayang kalau dilewatkan begitu saja. Mereka berkeinginan suatu saat buku ini akan mempunyai nilaitersendiri yang tidak bisa dinilai harganya dengan apapun.
9.      Sebagai alternatif bila kesulitan men-download dari situs web depdiknas (dikemas dalam keping CD)
10.  Autorun dan fullscreen
11.  Dilengkapi menu / daftar isi sesuai pokok bahasan
12.  Dilengkapi audio / musik latarbelakang yang bisa diatur volumenya
13.  Paket cd dikemas sesuai tingkatan kelas di tiap jenjang pendidikan
14.  Satu keping cd berisi 3 sampai 4 judul buku
15.  Dilengkapi fasilitas cetak dan pencarian teks

Kekurangan

kelebihan
1.      berisi buku-buku pelajaran dari tingkat SD s/d SMA lengkap
2.      buku tersebut dapat di download dengan mudah, sehingga siswa mempunyai banyak buku tambahan untuk menunjang dalam hal pembelajarannya.

G.      http://www.invir.com/
kelebihan
1.      materi lengkap, juga ada banyak latihan soal Ujian Akhir Sekolah / Ujian Nasional untuk pelajar SD,SMP dan SMA, agar pelajar dapat belajar juga dengan membuka situs bermanfaat ini.

H.     http://www.psmk.net
kelebihan
1.      berisi tentang materi untuk SD,SMP dan SMA, tapi lebih khususnya pada SMK. Untuk sebuah situs tampilannya seperti blog biasa.

I.        http://translate.google.com

kelebihan
1.      terdapat banyak bahasa yang dapat diterjemahkan.
2.      juga tampilan yang tidak bertele-tele dan simple sehingga mudah digunakan.
3.       Selain dalam bentuk tulisan google juga memberikan terjemahan dalam bentuk suara yang cara peng aktifanya dengan menekan ” tombol ” simak di bawah hasil terjemahan.
4.      Aplikasi ini juga dapat menerjemahkan 1 halaman web penuh.
Kekurangan
1.      Namun google translate juga kadang-kadang menerjemahkan dengan kata-kata yang kurang akurat dengan aslinya.






2 komentar: